GEJALA BURUK PADA TIEROD MOBIL ANDA YANG HARUS DIPERHATIKAN


Batang pengikat kemudi atau Tierod adalah bagian yang dimiliki secara universal oleh setiap mobil yang ada, yang telah berlangsung selama hampir satu abad. Tidak banyak yang berubah dalam fungsi atau desainnya selama bertahun tahun sampai saat ini, juga tidak banyak yang berubah ketika salah satunya mengalami gagal fungsi. Berikut adalah pandangan lebih dekat tentang apa yang perlu Anda ketahui tentang tie rod, dan cara mengatasi potensi masalah sebelum berubah menjadi masalah keamanan yang besar.

APA ITU TIE ROD ENDS?

Tie rod adalah tabung baja atau besi berulir, dengan sambungan bola kecil yang berputar di ujungnya. Tujuannya adalah untuk menghubungkan mekanisme perangkat kemudi (baik kotak persneling atau rak dan pinion) ke luar ke roda. Tie rod umumnya dibagi antara inner tie rod, yang dipasang langsung ke rak dan pinion, dan outer tie rod, yang dipasang ke steering knuckle out oleh roda. Kedua tie rod ini biasanya dihubungkan dengan selongsong penyetel, atau bagian dalam dan luar hanya dihubungkan, dengan bagian dalam sebagai alat penyetel. Hal ini memungkinkan penyetelan dan keselarasan yang tepat dari kedua roda/ban. Saat Anda memutar setir ke kiri atau ke kanan, struktur ini bertanggung jawab untuk menyampaikan gerakan tersebut ke roda dan akhirnya memutar mobil ke arah yang Anda inginkan.

 Ujung batang pengikat juga mengandung beberapa bagian internal yang harus Anda waspadai. Sendi bola kecil yang disebutkan sebelumnya di ujung tie rod berisi bantalan, mirip dengan sambungan bola suspensi. Bantalan ini memungkinkan sambungan ini untuk melenturkan secara bebas ke atas atau ke bawah dengan perjalanan suspensi atau masuk dan keluar dengan memutar roda / ban. Sambungan ini dilindungi oleh karet boot yang menjaga minyak pelumas tetap masuk, dan air/kotoran keluar. Sama seperti ball joint suspensi, tie rod secara historis memiliki fiting gemuk agar tetap terlumasi dengan baik, meskipun saat ini banyak yang tidak dapat diservis.

 MENGIDENTIFIKASI POTENSI MASALAH TIE ROD

Seperti yang Anda lihat, ujung batang pengikat mobil sangat berkaitan dengan seberapa baik Anda dapat mengendalikan mobil Anda, jadi Anda pasti ingin mempelajari tanda-tanda ujung batang pengikat yang perlu diservis atau diganti lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa masalah paling umum yang harus diperhatikan.

 Apakah ban Anda tampak aus tidak merata atau berlebihan? Ini bisa menunjukkan sejumlah masalah, dan tie rod end yang gagal bisa dengan mudah menjadi salah satunya. Ujung tie rod yang rusak dapat menyebabkan keausan yang luar biasa berat pada bagian dalam atau luar ban, jadi pastikan Anda memeriksa keduanya. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang sambungan bola di sini.

Salah satu gejala utama ujung batang pengikat yang rusak atau rusak juga dapat menyebabkan roda kemudi Anda terasa kendur atau melayang saat Anda mengoperasikan kendaraan. Hal ini disebabkan sambungan pada ujung tie rod yang mengalami kerusakan sehingga menimbulkan slop. Seiring waktu, sambungan ini bisa menjadi sangat buruk sehingga mulai terbentur melewati gundukan, dan akhirnya menjadi sangat buruk, sehingga secara fisik dapat terpisah dari batang pengikat itu sendiri, membuat buku jari dan roda sepenuhnya menyamping.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, ketika tie rod mencapai kondisi gagal fungsi yang sangat berbahaya, mereka akan mulai meletus dan berbunyi klik, karena sambungan ini menjadi longgar. Jika Anda mendengar suara-suara ini berputar atau menabrak gundukan, perlu diingat bahwa itu bisa jadi banyak sekali item suspensi, tetapi melakukan pemeriksaan tie rod secara menyeluruh dapat mengesampingkan tie rod.

 Untuk melakukan pemeriksaan tie rod, sebaiknya pertama-tama letakkan kendaraan Anda di drive-up landai karena ini memungkinkan Anda memeriksa tie rod di bawah beban berat kendaraan. Anda dapat melakukan ini dengan mobil didongkrak dan juga dudukan dongkrak yang aman, tetapi metode tanjakan lebih disukai. Setelah mobil diangkat, temukan kedua tie rod luar di steering knuckle dan ikuti ke dalam ke tie rod bagian dalam. Pegang batang kemudi ini dengan tangan Anda dan coba gerakkan lurus ke atas dan ke bawah. Dengarkan dan rasakan setiap kelonggaran atau klik karena seharusnya tidak ada. Lakukan hal yang sama dengan mencoba menggerakkan tongkat ke depan dan ke belakang – ke arah depan dan belakang mobil. Sekarang, ambil batangnya dan coba putar. Tie rod yang baik, baik bagian dalam maupun luar seharusnya tidak memiliki puntiran, atau sedikit puntiran di kedua arah karena Anda akan melihat batang pengikat luar berputar bolak-balik memungkinkan puntiran ini. Jika sambungan ini sangat longgar dan tidak memerlukan usaha sama sekali untuk memutar, sambungan tersebut akan rusak.

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama